Kukuhkan Relawan Demokrasi KPU Targetkan Kenaikan Tujuh Persen Pemilih Di Pemilu 2019

Kukuhkan Relawan Demokrasi KPU Targetkan Kenaikan Tujuh Persen Pemilih Di Pemilu 2019 - Relawan Demokrasi Kabupaten Wonosobo Resmi dikukuhkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonosobo, Selasa (29/01). Sebanyak 55 Relawan Demokrasi Pemilu 2019 dikukuhkan setelah menjalani  Bintek Relawan Demokrasi, dengan menyasar sebelas basis pemilih untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam Pemilu 2019 pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Pewarta. Anji
https://berita.satumenitnews.com/2019/01/kukuhkan-relawan-demokrasi-kpu.html

Kukuhkan Relawan Demokrasi KPU Targetkan Kenaikan Tujuh Persen Pemilih Di Pemilu 2019

Wonosobo - Pembentukan relawan demokrasi dinilai penting oleh Ketua Komisioner KPU Wonosobo, Asma' Khozin, S.Psi., ia juga mengungkapkan guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 17 April 2019 mendatang, "Pendidikan bagi pemilih dalam pemilu sangat diperlukan bagi 55 orang relawan demokrasiyang baru saja dikukuhkan, sebab mereka memiliki tugas untuk mensosialisasikan tahapan-tahapan pemilu dan menangkal berita-berita hoax seputar Pemilu," terang Asma'.

Menurutnya, relawan demokrasi tahun ini berjumlah lebih banyak dibanding tahun 2014 yang hanya 11 relawan, yaitu jumlahnya 55 relawan. "Dengan banyaknya relawan ini diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilu dan menangkal berita hoax, karena hari ini semakin sulit untuk membedakan berita hoax dan tidak," harapnya saat Pengukuhan dan Bintek Relawan Demokrasi Pemilu 2019 di Hotel Surya Asia Wonosobo.

Asma' juga berharap kepada para relawan yang hadir untuk mensosialisasikan Pemilu yang berkualitas tanpa money politik kepada relawan demokrasi yang menyasar di 11 basis pemilih yakni basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet dan basis relawan demokrasi. "Para relawan demokrasi ini akan menyasar basis pemilih yang tidak bisa dijangkau oleh teman-teman PPS maupun PPK," terangnya.

Sementara Aminudin, S,Sos.I. selaku Devisi Sosialisasi dan Parmas mengatakan pihaknya optimis dengan menjalin relasi seperti relawan demokrasi ini dapat meningkatkan jumlah pasrtisipan dalam Pemilu 2019 hingga maksimal. "Relawan demokrasi dalam bintek dibekali dengan pengetahuan tentang tatacara tahapan pemilu dan memiliki tugas untuk mensosialisasikannya. Dengan begitu diharap peserta pemilu mendapatkan informasi yang mendorong mereka untuk ikut berpartisipasi dalam Pemilu Pilpres dan Pileg yang diadakan pada hari Rabu 17 April 2019 nanti," jelasnya.

"Untuk Pemilu 2019 kami menargetkan kenaikan partisipan dengan prosentase sebesar 7 % dari 71 % di Pemilu sebelumnya menjadi 78 % pada Pemilu 2019," imbuh Amir.

Dalam Bintek Relawan Demokrasi tersebut para pemateri juga menekankan pada peserta untuk memberikan sosialisasi kesadaran berdemokrasi yang berkwalitas tanpa money politik terhadap peserta dan pemilih dalam Pemilu 2019. Pihaknya juga berharap, dengan dikukuhkannya relawan demokrasi bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya mengikuti pesta demokrasi ini.

Silahkan isi komentar di kolom bawah mengenai Kukuhkan Relawan Demokrasi KPU Targetkan Kenaikan Tujuh Persen Pemilih Di Pemilu 2019. Satu komentar anda sangat berarti bagi kami.

1 comment:

  1. caleg juga mempunyai kewajiban yang sama untuk mengedukasi bahaya money politik lo.

    ReplyDelete

Featured post

Ayo ke TPS

Ayo ke TPS - Rabu, 17 April 2019 adalah jadwal Pemilu 2019, ada lima surat suara yang akan dipilih dalam pemilu kali ini. Surat suara pasan...

Powered by Blogger.