Pembekalan Pengetahuan Bela Negara Sangat Penting Bagi TKW

Pembekalan Pengetahuan Bela Negara Sangat Penting Bagi TKW - Sebagai Pahlawan Devisa Negara posisi Tenaga Kerja Wanita yang bekerja diluar negeri sangatlah penting, banyaknya tenaga kerja wanita di luar negeri dapat mempengaruhi hampir disemua aspek seperti pendidikan, gaya hidup, sosial dan budaya. Melihat banyak kemungkinan yang bisa terjadi Kapten Inf Heru memandang sangat perlu dan pentingnya pembekalan dan pemahaman tentang Bela Negara.
Pewarta. Anji

Pembekalan Pengetahuan Bela Negara Sangat Penting Bagi TKW

Pembekalan Pengetahuan Bela Negara Sangat Penting Bagi TKW

Tugas TNI sangatlah penting dalam hal ketahanan Negara, mencegah ancaman yang datang dari luar ataupun dari dalam adalah salah satu tugas yang tidak bisa dibilang ringan. Seperti yang diketahui bersama bahwa negara Indonesia banyak mempekerjakan tenaga kerja wanita di luar negeri, dengan berbagai alasan pengiriman tenaga kerja keluar negeri juga memiliki efek atau dampak positif dan negatif. Melihat potensi yang muncul terhadap pengiriman tenaga kerja tersebut,  Komandan Koramil Wonosobo Kapten Inf Heru Utomo memandang perlunya pembekalan bagi calon tenaga kerja wanita terutama yang akan bekerja di luar negeri.

Bertempat di penampungan PT. Armina Mitra Perkasa, bekerjasama dengan Kesbangpol Komandan Koramil Wonosobo Kapten Inf Heru Utomo mengadakan pembekalan pengetahuan tentang bela negara. Lebih lanjut Kapten Inf Heru mengingatkan kepada peserta yang mayoritas adalah perempuan bahwa dalam bekerja untuk tetap mengingat tujuan utamanya menghidupi keluarga, baik bekerja di dalam negeri maupun di luar negeri. "Tujuan dari kita bekerja harus dipegang teguh, jangan sampai tujuan awal itu lepas, sekarang banyak para tenaga kerja yang bekerja diluar negeri akan tetapi tidak mendapatkan hasil karena beberapa sebab, salah satunya sebabnya adalah melupakan tujuan awalnya berkerja dan akhirnya terjerumus pada pergaulan yang tidak baik atau berfoya – foya disana." ujar Kapten Inf Heru. Kamis (6/12)

"Banyak permasalahan yang sering terjadi kepada tenaga kerja wanita yang ada di luar negeri seperti gaji tidak dibayar, pelecehan seksual, putus komunikasi, gaji tidak sesuai, pekerjaan tidak sesuai dengan perjanjian dan masih banyak sekali permasalahan yang dihadapi oleh TKW/TKI diluar sana, untuk itu harus diwaspadai."  kata Kapten Inf Heru. Agar permasalah itu tidak terjadi Danramil mengingatkan untuk menyiapkan diri dengan ilmu yang sekiranya dibutuhkan disana. "Dalam masa pelatihan ini harus sungguh-sungguh dalam mengikuti instruksi dari guru pembimbing." ujarnya lebih lanjut.

Bekal yang lain yang disampaikan saat materi Bela Negara adalah Identifikasi Ancaman Potensial, Waspada dengan keadaan sekitar. Evaluasi Ancaman Potensial, Monitor Ancaman Potensial serta mengumpulkan semua informasi yang didapat untuk menyelamatkan diri dan membantu menyelamatkan rekan yang lain.

Komandan Koramil Wonosobo juga mengingatkan kepada para calon tenaga kerja untuk  harus ingat akan Indonesia dan Pancasila. "Kita mempunyai dasar dan pegangan hidup, dasar tersebut harus kita pegang teguh, kita tunjukan budaya Indonesia sebagai budaya bangsa yang baik. Jika itu dilakukan maka mereka akan menghargai kita dikenal sebagai bangsa yang memiliki budaya dan sopan santun yang tinggi." Imbuhnya.

Agar permasalah itu tidak terjadi Danramil Wonosobo Kapten Inf Heru meyampaikan pesan kepada peserta pembekalan bela negara antara lain untuk menyiapkan diri dengan ilmu yang sekiranya dibutuhkan disana. ia juga berpesan agar para calon tenaga kerja belajar dengan sungguh sungguh dan mengikuti instruksi dari guru pembimbingnya. Bekal yang di sampaikan oleh Kapten Inf Heru adalah Identifikasi Ancaman Potensial, Waspada dengan keadaan sekitar. Evaluasi Ancaman Potensial dan Monitor Ancaman Potensial serta Kumpulkan semua informasi yang didapat untuk menyelamatkan diri dan membantu menyelamatkan rekan yang lain.

Hal senada juga di sampaikan oleh Eko Riyanto dari Kesbangpol yang mengingatkan kepada calon tenaga keja wanita itu untuk tidak melupakan tujuan mereka bekerja. Eko juga mengingatkan pesan Danramil Wonosobo Kapten Inf Heru bahwa perlu untuk mencatat dan mengingat nomor nomor penting sehingga bisa bermanfaat bila terjadi hal hal yang bersifat darurat.


Editor. Malindra

No comments

Featured post

Sosialisasi Surat Suara Pemilu 2019 Seroja

Sosialisasi Surat Suara Pemilu 2019 Seroja - Sosialisasi Surat Suara untuk Pemilu 17 April 2019 di Wisata Alam Seroja, Desa Tlaga, Kecama...

Powered by Blogger.