Desa-desa di Wonosobo Punya Produk Unggulan

Muspida Kecamatan Wonosobo berupaya memajukan produk UMKM yang berada di tiap desa. Salah satu cara agar produk UMKM di desa-desa bisa maju adalah dengan sering mengikuti pameran produk unggulannya seperti yang dilakukan pada saat perayaan Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-15 dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kes tingkat Kabupaten Wonosobo tahun 2018, bertempat di Desa Wonolelo, Wonosobo. Selasa (3/7). Banyak manfaat yang diperoleh jika UMKM berjalan dengan baik, seperti meningkatkan ekonomi, menambah lapangan kerja, dan lain sebagainya.
(sigit)


Kepada satumenitnews, Camat Wonosobo, Zulfa Akhsan Alim K, S.STP, M.Si, menyampaikan bahwa pembukaan stand produk unggulan tiap desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Wonosobo dilakukan dalam rangka mempromosikan produk UMKM tiap desa dan kelurahan. Produk-produk tersebut sudah sangat layak untuk dipublikasikan agar bisa dikenal ke seluruh Wonosobo pada khususnya, Indonesia pada umumnya, dan syukur-syukur bisa merambah ke ranah internasional. Beberapa produk dari desa-desa sudah tersebar ke beberapa wilayah kabupaten di Jawa, contohnya carica, keripik tempe kemul dan keripik jamur. Diharapkan produk yang lain juga bisa mengikutinya.

Kapten Inf. Heru Utomo, Danramil Wonosobo, yang ikut membina para pelaku UMKM, akan berupaya dengan instansi terkait agar lebih sering melaksanakan pameran produk-produk sehingga hasil karya mereka akan semakin dikenal masyarakat. Jika produk sudah dikenal secara umum maka produksi akan meningkat. Pameran juga bermanfaat untuk menilai sejauh mana kwalitas produk yang dihasilkan. Sangat diharapkan saran dan tanggapan para konsumen agar produk yang dihasilkan menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Sedangkan bagi TNI, manfaatnya pada semakin mantapnya stabilitas negara. Dengan meningkatnya produk maka perekonomian akan semakin baik, tingkat kemakmuran akan semakin tinggi. Jika masyarakat sudah makmur maka stabilitas negara akan semakin bagus.

Kepala Kelurahan Kalianget Wonosobo, Kusmedi, yang juga ikut berpartisipasi, pada kesempatan kali ini memamerkan beberapa produk yang dihasilkan oleh warganya seperti serabi, kembang goyang, sagon kering, keripik tempe kemul, carica, dan beberapa kerajinan dari barang bekas. Produk tersebut sudah mulai dikenal di masyarakat. Bahkan untuk serabi Kalianget sudah sampai keluar Wonosobo sebagai hidangan dalam acara hajatan.

Saat meninjau stand Kalianget Wonosobo, rombongan Muspida merasa senang karena produk yang dihasilkan sangat enak. Bahkan salah satu dari rombongan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana cabang XXVII, Ny. Ade Fauzan, memborong produk yang ada di stand mulai dari serabi, kembang goyang, kripik tempe kemul, dan sagon kering. Ini merupakan bukti kemajuan produk UMKM desa tersebut.


Editor. Cici

No comments

Featured post

Ayo ke TPS

Ayo ke TPS - Rabu, 17 April 2019 adalah jadwal Pemilu 2019, ada lima surat suara yang akan dipilih dalam pemilu kali ini. Surat suara pasan...

Powered by Blogger.