783 Calon Haji Diberangkatkan Dari Wonosobo


783 Calon Haji Diberangkatkan Dari Wonosobo - Sebelumnya disampaikan oleh Kantor Kemenag Wonosobo bahwa jumlah calon haji berjumlah 784 yang dibagi menjadi 4 kloter, mulai Rabu kemarin (25/7) diawali 52 orang calon haji diberangkatkan dan menyusul kolter 32 dan 33 pada kamis dinihari (25/07) berjumlah 709 calon haji, dan siang harinya sebanyak 22 calon haji kloter 34 juga akan diberangkatkan dari Gedung Adipura Wonosobo.

52 orang calon haji kloter 31 berangkat pada Rabu (25/7)
Wonosobo, satumenitnews.com - Dari calon haji yang seharusnya berjumlah 784 itu gagal berangkat 1 karena meninggal dunia atas nama Kliwon Suripta asal kertek dari kloter 33. Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo, Muhamad Thobiq  dari 709 Calhaj yang dilepas oleh Ketua DPRD Kabupaten Wonosobo, Afif Nurhidayat dinihari tadi calon haji dari usia termuda dan tertua terpaut 72 tahun. “Calhaj tertua atas nama Sulaiman dengan usia 90 tahun, sementara termuda adalah M.  Diki L Fatah dari Kepil yang masih berusia 18 tahun,” tuturnya. Dengan masa tunggu mencapai 7 tahun, para calhaj tersebut dikatakan Thobiq rata-rata mendaftar pada Tahun 2011 silam. Hal itu menurutnya juga berarti usia Diki Al Fatah sang calhaj termuda kemungkinan baru 11 tahun saat mendaftarkan diri.

Nantinya, para jamaah di kedua kloter tersebut menurutnya akan ditempatkan di dua maktab, yaitu Sisah dan Misfah. “Untuk kloter 32 akan diterima di Asrama Haji Donohudan pada Kamis (26/7) pagi pukul 06.00 WIB, kemudian jadwal terbang adalah Jumat (27/7) pukul 00.20 WIB dan diperkirakan tiba di Madinah pada Jumat (27/7) pukul 08.05 Waktu Arab Saudi,” terangnya. Sementara untuk Kloter 33, jadwal terbang menuju Madinah adalah pada Jumat (27/7) pukul 06.25 WIB, tanpa menjelaskan perkiraaan jadwal mendarat di Madinah.

calon haji tertip mengantri sebelum memasuki bus yang membawa mereka menuju Asrama Haji Donohudan, Solo
Menurut Ketua DPRD Afif Nurhidayat, ibadah haji merupakan impian setiap muslim, sehingga meski masa tunggunya relatif lama, mereka dipastikan sabar dan ikhlas. “Maka bagi para calon haji yang malam ini berangkat menuju tanah suci, tentu serasa seperti mimpi yang menjadi kenyataan, bahkan kami pun yang menyaksikan di sini turut merasakan kerinduan yang sama terhadap rumah Alloh, sehingga tergetar hati ini,” tutur Afif. Kepada para calhaj, Afif mewakili jajaran Pemerintah Kabupaten Wonosobo juga berpesan agar senantiasa menjaga kerukunan, menjaga nama baik Bangsa dan Negara di tanah suci, serta tetap kompak dan salin membantu. “Juga untuk para petugas pendamping, baik pendamping daerah maupun tim kesehatan saya minta agar menjalankan tugas dan fungsi nya secara maksimal untuk melayani para jamaah, agar mereka dapat khusuyuk dan lancar menjalankan rangkaian ibadah wajib maupun sunnah selama di Makkah maupun Madinah,” tandasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo, Muhamad Thobiq juga berpesan kepada calon haji untuk senantiasa menjaga lisan dan hatinya "Haji tidak semuanya fisik, karena calon haji akan berkunjung di rumah allah maka jagalah hati dan lisan agar senantiasa menjadi tamu yang baik serta dirindukan oleh pemilik rumah yaitu Allah SWT" pungkasnya.


Editor. Malindra

baca juga
satumenitnews.com


No comments

Featured post

Java Balloon Attraction Terbangkan 119 Balon Di Wonosobo

Java Balloon Attraction Terbangkan 119 Balon Di Wonosobo - Selimut Kabut masih Menutupi lapangan Desa Pagerejo Saat acara Java Baloon Attra...

Powered by Blogger.