Wakil Bupati Kukuhkan Forum Anak Kreatif Wonosobo

Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo, mengukuhkan Forum Anak Kreatif Wonosobo (FORKOS) periode 2018-2020, Selasa (26/10) di Pendopo Wakil Bupati.
(Sigit)


Wonosobo,- Dalam sambutannya, Wabup meminta agar 29 pelajar yang terpilih menjadi pengurus FORKOS bisa menyebarkan virus kebaikan kepada rekan-rekan sejawat, termasuk ikut aktif membantu Pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam melaksanan program pemenuhan hak anak.

Kepada para pelajar yang terpilih ini, Wabup meminta agar mereka menjadi pribadi yang disiplin, yang mampu menghargai waktu serta disiplin dalam merancang program kegiatan yang tepat demi terwujudnya pemenuhan hak-hak anak, sekaligus sukses dalam study. Selain itu para pengurus FORKOS diharapkan bisa mengembangkan jejaring agar bisa lebih memperkuat kiprah dan program yang direncanakan FORKOS, sehingga FORKOS bisa menjadi sebuah forum yang mampu mewadahi kreativitas para pelajar, terutama pelajar SMP dan SMA se-Kabupaten Wonosobo.

Wabup juga memberikan apresiasi positif serta ucapan terima kasih kepada segenap jajaran pengurus Forum Anak Kreatif Wonosobo, yang selama ini telah mendukung dan membantu terlaksananya berbagai upaya yang terus-menerus Pemerintah Kabupaten Wonosobo lakukan, dalam mengintegrasikan komitmen dan sumberdaya pemerintah serta masyarakat, secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan, baik dalam kebijakan, program serta kegiatan untuk menjamin peran anak dalam pembangunan yang berkelanjutan, maupun untuk menjamin terpenuhinya hak anak. Dengan menciptakan lingkungan yang kondusif diharapkan anak dapat hidup, tumbuh, dan berkembang serta berpartisipasi secara optimal.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dyah Retno Sulistyowati, menyampaikan bahwa FORKOS merupakan sebuah organisasi anak dan pelajar yang berdiri sejak 6 Januari 2010, yang saat itu dibentuk untuk membantu mewujudkan Wonosobo sebagai Kabupaten Layak Anak. Selama 8 tahun perjalanannya, FORKOS sendiri telah mengalami 5 periode kepengurusan. Kepengurusan terakhir adalah periode 2018-2020.

Untuk menjalankan roda organisasi, pergantian kepengurusan sangat diperlukan untuk menyegarkan visi dan misi dalam ikut mewujudkan kabupaten layak anak, sehingga kiprah mereka perlu didukung oleh semua pihak dan lapisan, mulai dari fasilitas kesehatan layak anak sampai terbentuknya kecamatan layak anak, semuanya harus bersinergi. Dan FORKOS diminta bisa bekerja optimal untuk membantu pemerintah mewujudkan semua itu.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Erna Yuniawati, menambahkan, para pengurus FORKOS yang baru diharapkan bisa terus bekerja, dan juga harus pandai-pandai membagi waktu antara organisasi dan sekolah, agar semuanya berjalan dengan lancar dan bisa menjadikan FORKOS sebagai media belajar dan pembelajaran dalam berorganisasi.




Sementara itu Ketua FORKOS periode 2018-2020, Tegar Ridha Febrika, juga menyampaikan, bahwa pengukuhan FORKOS ini merupakan bagian dari reorganisasi Forum Anak Kreatif Wonosobo. Pengurus FORKOS kali ini berjumlah 29 orang, yang terbagi dalam 5 divisi, yakni divisi hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang kegiatan budaya, serta divisi perlindungan khusus. Tegar juga berharap agar dengan terbentuknya pengurus FORKOS yang baru, bisa menjadikan organisasi ini lebih baik lagi, melanjutkan program kerja yang lebih nyata dan lebih bagus, untuk mewujudkan pembangunan di bidang anak di Kabupaten Wonosobo.

Editor. Cici,

No comments

Featured post

Sandal Jepit Termahal Di Dieng

Sandal Jepit Termahal Di Dieng -  Yang namanya nasib memang tidak bisa di tawar, gara-gara kehilangan sandal jepit di masjid Baiturohman Die...

Powered by Blogger.