MENJADI MUTTAQIN DENGAN PUASA


Setiap bulan suci Ramadhan, sudah menjadi agenda Kabupaten Wonosobo, selalu dilaksanakan tarawih dan silaturahim antara instansi bersama ulama dan masyarakat. Bertempat di Mushola As Suhada Kodim 0707/Wonosobo, dalam tarawih kali ini Kyai Mahbub M.Ag dari Kemenag Wonosobo bertindak sebagai imam dan KH Teguh Ridwan sebagai pemberi tausiyah. (28/5)

Komandan Kodim 0707/Wonosobo selaku tuan rumah menyampaikan terima kasih atas kehadiran dalam rangka tarawih dan silaturahim kali ini dan berharap dengan pelaksanaan tarawih ini bisa memupuk persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan berkumpulnya para pemimpin Wonosobo ini bisa menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban.

Dalam tausiyahnya, KH Teguh Ridwan menyampaikan bahwa ibadah di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang sangat panjang karena dilaksanakan selama satu bulan penuh. Siang puasa, malam untuk qiyaumul lail seperti shalat tarawih. Berbeda dengan haji yang hanya 7 hari selesai. Ibadah puasa merupakan ibadah rahasia karena hanya kita dan Allah saja yang tahu. Karena rahasia, Allah sudah berjanji bahwa puasa akan diberi pahala oleh Allah secara langsung. Yang pertama di dunia, yaitu perasaan bahagia saat berbuka puasa. Kita merasa sangat senang ketika mendengar adzan Maghrib. Itu merupakan anugerah yang luar biasa. Sedangkan yang kedua akan diberikan Allah di akhirat setelah kita meninggal dunia, dengan catatan jika kita melaksanakan ibadah dengan sungguh - sungguh mengharap ridho Allah SWT semata.


KH Teguh Ridwan mengingatkan, agar ibadah puasa kita diterima, di akhir puasa diwajibkan untuk membayar zakat, baik zakat fitrah maupun zakat mal. Manfaat zakat sangat penting untuk diri sendiri maupun orang yang menerimanya. Zakat merupakan pencucian harta kita, sedangkan bagi para penerima merupakan rejeki untuk mengurangi beban hidup. Jadi dengan puasa yang dilaksanakan sungguh-sungguh, akan membentuk pribadi muttaqin. Insya Allah.

Editor. cici

No comments

Featured post

Berkas Tersangka Penerbang Balon Udara Liar Diserahkan ke Pejabat Pegawai Negeri Sipil Kementerian Perhubungan

Berkas Tersangka Penerbang Balon Udara Liar Diserahkan ke Pejabat Pegawai Negeri Sipil Kementerian Perhubungan - Operasi penertiban Balon ...

Powered by Blogger.