OPERASI KESELAMATAN LALULINTAS 2018 LIBATKAN PERAN MASYARAKAT

gelar pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2018.

satumenitneews.Wonosobo,- Terhitung mulai tanggal 5 hingga 25 Maret 2018, Polres Wonosobo menggelar kegiatan operasi kepolisian terpusat dengan nama "Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2018". Seperti namanya, operasi ini ditujukan untuk meningkatkan keselamatan berkendara masyarakat.

Sebagai tanda dimulainya kegiatan, Polres Wonosobo melaksanakan gelar pasukan pada Senin (5/3) pagi di Halaman Mapolres Wonosobo. Selain anggota Polres, kegiatan tersebut juga diikuti oleh pasukan dari Kodim 0707, Dishub, Satpol PP, Binamarga, Jasa Raharja dan Dinas Kesehatan.
 Selain anggota Polres, gelar pasukan diikuti oleh Kodim 0707, Dishub, Satpol PP, Binamarga, Jasa Raharja dan Dinas Kesehatan.

"Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas merupakan cerminan dari keberhasilan pembangunan peradaban modern." papar  Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras, S.I.K. saat membacakan amanat Kakorlantas Polri. "Oleh karena itu, Polri khususnya Polantas bersama stakeholder lain bertanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, amanat dari undang-undang tersebut sangatlah berat jika hanya dilakukan oleh Polantas. Maka perlu adanya kerjasama dan pengoptimalan para pemangku kepentingan lain utamanya masyarakat,” lanjut Kapolres.

Berkaitan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan selama operasi, Kapolres mengungkapkan, ada beberapa pokok kegiatan yang merupakan tugas pokok Polantas yang akan dilaksanakan. Yaitu Edukasi (pembelajaran), Traffic Engineering (rekayasa lalu lintas) dan Enforcement (penegakan hukum). Hal ini dilakukan untuk mewujudkan Nawacita Presiden yang dijabarkan dalam Program Prioritas Kapolri Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya).

“Untuk pelanggaran yang dijadikan prioritas penindakan adalah yang berpotensi kecelakaan seperti kendaraan yang melawan arus, penggunaan HP saat mengemudi, berboncengan lebih dari 1 dan pengendara yang belum cukup umur,” pungkas Kapolres.

Sementara Kasatlantas Polres Wonosobo AKP SS. Udiono, S.E. mengungkapkan, berkaitan dengan pelaksanaan operasi ini, pihaknya telah menyiapkan beberapa strategi khusus guna semakin meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan. “Salah satunya adalah pada hari Sabtu (3/3) kemarin, kami telah mengadakan Lomba Pelajar Duta Lalu Lintas 2018 yang diikuti lebih dari 130 peserta yang berasal dari siswa SLTA se-Kabupaten Wonosobo". 

“Sesuai dengan tujuan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2018 ini yaitu guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat untuk semakin mengutamakan keselamatan dalam berkendara di jalan,” tutup Kasatlantas.(***)

No comments

Featured post

Java Balloon Attraction Terbangkan 119 Balon Di Wonosobo

Java Balloon Attraction Terbangkan 119 Balon Di Wonosobo - Selimut Kabut masih Menutupi lapangan Desa Pagerejo Saat acara Java Baloon Attra...

Powered by Blogger.