POLRES JALIN SILAHTUROHMI KEALIM ULAMA




Pondok Pesantren Miftahul Huda Siwatu Bumitoso Watumalang yang dipimpin oleh Kyai Drs. HM. Muslim Syaripudin menerima kedatangan Tim Safari Malam Pondok Pesantren yang dipimpin Iptu Sigit Subiyakto dari Polres Wonosobo. Selasa (20/2) Petang.

Disambut hangat oleh pimpinan pondok, Iptu Sigit menyampaikan maksud kedatangan dipondok pesantren “Kami bersama rombongan datang ke pondok pesantren dengan maksud silaturahmi dan meningkatkan kemitraan antara Polri dengan alim ulama serta santri yang di asuh pak kyai” ucap Iptu Sigit.

“Alhamdulilah, terimakasih atas kedatangan rombongan dari Polres. Kami sambut dengan lapang dada maksud tujuan anda sekalian, sekarang sudah waktu sholat magrib, ngobrolnya dilanjutkan setelah sholat” mari, ajak Kyai H Muslimin.

Di imami Kyai H Muslimin, Tim dari Polres Wonosobo bersama 77 santriwati dan 113 santriwan melaksanakan sholat magrib dilanjutkan doa bersama. Selesai doa sholat, para santri belajar dengan para pengurus pondok. Putra di bagi menjadi 8 kelas sedangkan putri di bagi menjadi 6 kelas. 

Tim safari di ajak Kyai untuk melanjutkan bincang-bincang di ruang tamu pondok pesantren. Maksud tujuan kedatangan tim hingga tanggapan dari pondok sudah tersampaikan. Kyai H Muslimin menyampaikan banyak terimakasih dengan program Safari Malam di Pondok Pesantren “Terimakasih banyak dan saya sangat mendukung program tersebut. Semoga Polisi dan santri jadi dekat sehingga tidak ada rasa takut terhadap Polisi. Akan tetapi ada satu yang harus di garis bawahi, tidak takut dengan Polisi boleh, akan tetapi tidak boleh lantas melanggar peraturan pondok pesantren” jawab Kyai dengan tawa yang diikuti Tim dari Polres.

Selesai perbincangan, kyai H Muslimin mengajak tim untuk makan bersama. Selesai makan Tim diajak sholat isya berjamaah dan dilanjutkan dengan Maulid Simtuduror dengan iringan rebana oleh para santri. Berjalan kurang lebih 1 jam, kyai langsung mempersilahkan Iptu Sigit memperkenalkan diri kepada para santri.

Dalam sambutannya, Iptu Sigit memperkenalkan seluruh Tim. Selanjutnya Iptu Sigit memberikan sedikit himbauan terkait Tolerransi antar umat beragama. Dengan pemahaman toleransi diharapkan semua saling menghargai sehingga terwujud keamanan di Kabupaten Wonosobo.

Pukul 21.00 Kyai H Muslimin mohon diri untuk melaksanakan pengajian di Desa sebelah dan pagi harinya akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Solo untuk merencanakan Sholawat bersama di Kabupaten Wobosobo yang akan di selenggarakan pada tanggal 28 Juli 2018 oleh Habib syeh dengan iringan 5.000 rebana. 

Iptu sigit mempersilahkan kyai untuk melanjutkan kegiatannya dan meminta ijin mengikuti kegiatan santri di Pondok Pesantren. Pukul 21.30 wib para santri masuk jam malam, sehingga tim dan pengasuh pondok melanjutkan bincang-bincang di ruang tamu hingga pukul 23.00 wib. Sebelum istirahat, Rombangan dari Polres ikut melaksanakan pemeriksaan di kamar-kamar para santri. Iptu Munawar saat memeriksa kamar santri melihat salah satu santri tidak mengenakan selimut, jiwa seorang ayah lantas timbul. Iptu Munawar langsung memberikan selimut kepada santri tersebut.

Menurut pengasuh pesantren, Arif Suhada “Maklum pak, anak-anak disini seperti tidak merasakan dingin, walaupun ada selimut kadang-kadang mereka enggan memakainya, kalau yang memakai sering mungkin karena pergerakannya jadi tidak menutup tubuh.

Selesai memeriksa kamar para Santri, pengasuh pondok dan Anggota menuju tempat peristirahatan. Sebelum istirahat Ipda Munawar menanyakan bagaimana tanggapan dari pengasuh Pondok tentang kegiatan Safari malam di Pondok Pesantren. Kirmanto salah satu santri yang sudah menimba ilmu selama 5 tahun menjawab ‘kami sangat senang dengan kedatangan Pak Polisi, Kami yang tadinya hanya melihat polisi di jalan-jalan sedang megatur lalu lintas sekarang menyapa kami. Tadinya kami dan adik-adik ada sedikit rasa takut sekarang hal tersebut bisa dikatakan hilang. Ternyata polisi juga ikut ngaji, ikut jamaah di tengah-tengah kami”

Saat disinggung masalah kedatangan dengan materi pembelajaran di pondok Pesantren Arif Suhada menjawab “Pak Polisi sama sekali tidak mengganggu jam pelajaran kami, memang seperti ini kami jam pelajaran kami, selesai sholat magrib para santri belajar yanbua di lanjutkan sholat isya.”terang Arif.

Sambil pamit beristirahat, Iptu Munawar mengucapkan terimakasih atas keramahan seluruh warga di pondok Pesantren miftahul Huda dan juga ilmu agama serta diijinkannya bergabung dalam melaksanakan ibadah bersama para santri dan Kyai.

Menurut AKP Marino, S.H., Kasubbag humas Polres Wonosobo ‘Kegiatan Safari malam di pondok Pesantren ini bertujuan untuk mendekatkan diri dengan para alim-ulama serta memberikan kedekatan antara Polri dengan seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali para santri dan santriwati. Selain kegiatan ke pondok Pesantren, polres Wonosobo juga sudah melakukan Safari Sholat jumat di masjid-masjid yang tersebar di Kabupaten Wonosobo, Safari Gereja pada hari Sabtu dan juga patroli Sambang ke tempat-tempat peribadatan/pemuka agama yang ada di kabupaten Wonosobo. Semoga dengan kedekatan Polri dengan seluruh umat beragama, teriring doa dari seluruh lapisan masyarakt sehingga kabupaten wonosobo semakin aman dan kondusif” Tutup Akp Marino.(***)

No comments

Featured post

Java Balloon Attraction Terbangkan 119 Balon Di Wonosobo

Java Balloon Attraction Terbangkan 119 Balon Di Wonosobo - Selimut Kabut masih Menutupi lapangan Desa Pagerejo Saat acara Java Baloon Attra...

Powered by Blogger.