LAPAS GELAR PELATIHAN PENGETAHUAN DASAR SENJATA

satumenitnews.wonosobo,- Bekerjasama dengan Kodim 0707, pegawai baru Lapas diberi pembekalan pengetahuan dasar senjata api.

"Senjata bagi aparat keamanan merupakan perlengkapan pribadi yang harus selalu melekat saat menjalankan tugas.  Tidak juga berlaku bagi anggota Lapas. Dalam rangka pembekalan bagi pegawai baru dikenalkan dengan berbagai senjata dengan harapan bisa menjaga diri dari bahaya yang bisa mengancam sewaktu–waktu, " ujar Sersan Aji Rustanto kepada pegawai lapas. (19/2)

Sersan Aji menyampaikan bahwa senjata sangat penting bagi aparat keamanan "fungsi senjata adalah untuk melindungi diri sendiri dari ancaman yang bisa muncul sewaktu-waktu, tetapi yang perlu diingat bahwa senjata bisa membuat celaka bagi yang memegangnya maka diperlukan pengetahuan dan selalu mematuhi prosedur yang telah ditetapkan" lanjutnya.

Peluru yang keluar dari laras tidak bisa lagi ditarik tarik dan dampak yang ditimbulkan bisa membuat orang kehilangan nyawa, Jika itu terjadi maka kita akan berhadapan dengan aparat  hukum. Apabila itu terjadi maka yang rugi tidak kita saja akan tetapi keluarga juga merasakan akibatnya.

Pengenalan senjata dimaksudkan agar aparat keamanan mengetahui dasar pengamanan senjata, mulai dari cara penggunaan, cara perawatan, dan yang paling penting bahaya yang bisa terjadi jika terjadi kesalahan dalam penggunaannya.

Materi kali ini adalah cara perawatan senjata yang merupakan modal utama bagi aparat keamanan,  dengan mengetahui cara merawat senjata maka senjata akan menjadi awet, bila sewaktu–waktu digunakan akan berfungsi dengan baik. "Jangan sampai senjata yang kita bawa setiap ada tugas, begitu senjata akan digunakan peluru tidak bisa keluar karena senjata tidak pernah dirawat"  ujar Aji.

Awaludin selaku penanggung jawab kegiatan pelatihan anggota baru menyampaikan bahwa kegiatan ini diberikan dengan harapan anggota baru bisa menjadi pegawai yang perofesional, sehingga bila nanti diberi tugas maka tugas yang diembannya akan dilaksanakan dengan baik. "Saat ini tuntutan tugas semakin kompleks, sebagai pengawai baru harus dibekali dengan berbagai macam disiplin ilmu.  Salah satunya adalah pengenalan senjata dan instansi yang mengusai senjata salah satunya Kodim" terang Awaludin.

"Dengan  pelatihan penguasaan senjata maka diharapkan dalam melaksanakan tugas lebih percaya diri, mengingat tugas yang diemban mempunyai resiko yang cukup tinggi yaitu selalu bersinggungan dengan para penjahat yang notabene bisa berbuat nekat tanpa mempertimbangan keselamatan orang lain" harap Awaludin selaku penanggung jawab kegiatan.(***)

No comments

Featured post

Sandal Jepit Termahal Di Dieng

Sandal Jepit Termahal Di Dieng -  Yang namanya nasib memang tidak bisa di tawar, gara-gara kehilangan sandal jepit di masjid Baiturohman Die...

Powered by Blogger.