KONSORSIUM RAMI INDONESIA

Ahmad Wibowo, Penanggung Jawab acara KORI
Satumenitnews.Wonosobo,- Tanaman rami memang tidak begitu populer di kalangan petani maupun dinas pertanian, tanaman ini masih jarang yang melirik untuk dijadikan komoditas unggulan, padahal serat rami sangat dibutuhkan dalam industri otomotif. maupun industri tekstil sebagai campuran/ komposit.

Pasang surut sejarah rami berjalan seiring waktu, teknologi berkembang, penelitan dari berbagai disiplin ilmu mengenai kegunaan rami juga berkembang.

Perwakilan Pemda Wonosobo

Dalam temuan para peneliti, kegunaan tanaman rami tidak hanya melulu sebagai komposit, kini penelitan tanaman rami mengarah kepada banyak bidang mulai dari pakan ternak, pupuk, tekstil, alat militer hingga obat obatan.

Konsorsium pertama ini, diharapkan bisa menjadi penguat masuknya industri pertanian tanaman rami di Indonesia. "Hadir disini ada 11 perguruan tinggi, 10 dari dalam negeri dan 1 dari Malaysia" ungkap Ahmad Wibowo selaku penanggung jawab kegiatan. (24/02)

Sumaedi, SH, M.Si., Asisten Pembangunan Setda wonosobo.
Pemeritah kabupaten wonosobo menyambut baik acara ini. "Saya berharap konsorsium ini dapat mematangkan agenda pertanian tanaman rami secara terus menerus dengan jangka waktu yang panjang dan menjadikan tanaman rami kebutuhan pokok bagi industri tertentu, sehingga keberlangsungan petani rami dapat terjamin secara ekonomi " kata Sumaedi, SH, M.Si., Asisten Pembangunan Setda wonosobo.

No comments

Featured post

Jalur Pembangunan Pasar Kembali Digunakan Lapak Pedagang

Jalur Pembangunan Pasar Kembali Digunakan Lapak Pedagang Wonosobo , Jalur Pembangunan Pasar Kembali Digunakan Lapak Pedagang - Belum gen...

Powered by Blogger.